Ilmu super pemasaran facebook

Diposting oleh Unknown

Seorang entrepreneur yg menekuni bisnis online baik pemula maupun pemain lama tentunya sudah melibatkan facebook untuk memasarkan produk / jasa yg mereka jual. Seperti kita ketahui persaingan pemasaran melalui facebook sangat ketat, tentu saja kita sebagai pelaku usaha berupaya semaksimal mungkin untuk mengimbangi persaingan. Beragam upaya mungkin sudah kita lakukan alhasil upaya yg kita lakukan belum menyentuh angka yg di targetkan.
Jangan kawatir,
Berikut saya kupas tuntas tentang pemasaran di facebook.

1. Judul.
Kita harus lebih jeli dan pandai membuat judul sebagai alat pemasaran. Judul yg menarik sangat ampuh memikat konsumen sehingga konsumen menyempatkan waktunya untuk melihat produk / jasa yg kita tawarkan. Judul sebagai pesan singkat penting dalam memainkan perannya.
Contoh : Di jual Hp asus dg harga murah. Tidak ada yg menarik dari judul tersebut. Bandingkan dg judul menarik berikut: Di jual Hp asus dg harga irit kantong.
Namun perlu di catat sebelum merangkai judul kita terlebih dahulu harus memiliki sisi yg menonjol untuk kita tawarkan kepada konsumen. Bisa harga, kualitas, atau juga pelayanan dan lain sebagainya.
Sebab konsumen itu bermacam macam tipe ada yg menyukai barang murah dg tidak memperhatikan kualitas. Ada pula yg sangat memperhitungkan kualitas dg tidak memperhitungkan nominal harga.
Disini anda harus tahu apa yg harus anda lakukan.
Coba renungkan apa yg harus anda tonjolkan kepada konsumen anda.

2. Gambar
Gambar menjadi pilar ampuh menguatkan judul untuk menarik simpati konsumen.
Saya jelaskan alasan gambar ampuh memikat konsumen.
Gambar memiliki karakter visual yg lengkap dibanding suara. Sekarang saya tanya lebih puas mana anda menikmati acara radio ketimbang televisi. Saya kira anda mengerti perrbandingan contoh yg saya sebutkan tadi.
Karakter visual mudah ditangkap indera manusia, sehingga mudah diingat dan tentunya mudah dipahami.
Lantas gambar seperti apa yg dapat menarik simpati konsumen.
Gambar / foto produk yg dapat menarik simpati konsumen adalah gambar / foto yg memiliki karakteristik visual apik , dan kongruen artinya gambar / foto yg memiliki kualitas dan menyuguhkan tampilan sebangun dg judul.
(Gambar editing)
Menggunakan gambar editing dapat menentukan konsumen bakal membeli produk yg anda jual. Namun perlu diingat konsumen dapat mempercayai anda ketika barang yg anda jual mendekati kurang lebih seperti gambar.
Bayangkan jika anda terlalu berlebihan mengedit produk, mulai dari warna dan tekstur tampak berbeda. Disitu konsumen membenci anda karena anda dianggap penjual yg tidak jujur.

3. Konten
Konten adalah elemen paling berpengaruh dalam kegiatan marketing. Konten berperan fungsional karena melaui konten konsumen akan menimbang dan mengambil keputusan.
Konten yg dapat mempengaruhi keinginan konsumen ialah konten yg spesifik , informatif dan mudah di cerna.

Konten harus mudah dipahami jangan menulis konten yg mempersulit konsumen ketika membaca lebih baik anda tulis konten yg sederhana adakalanya menggunakan bahasa sehari-hari.
Atau mungkin jika anda menggunakan istilah sisipkan keterangan sehingga pembaca memahami maksud konten.

Seperti yg saya sebut tadi usahakan anda mampu merangkai konten yg persuasif artinya mudah mempengaruhi konsumen.
Buatlah konten dengan kalimat pembuka mengenai permasalahan konsumen.
Pada bagian inti solusi mengapa konsumen harus membeli produk anda.
Yg terakhir perkuat dg meyakinkan konsumen bisa jaminan uang kembali, jaminan mudah pemakaian atau jaminan keamanan produk dan lain sebagainya.

4. Strategi pemasaran
Materi strategi pemasaran yg saya ajarkan kali ini adalah strategi pemasaran yg cukup bagus untuk  social media marketing.

Pertama kita harus memiliki data akurasi jadwal waktu dominan user aktif. Karena kita tidak bisa melakukan kegiatan pemasaran di sembarang tempat secara periodik, selain menjadi spam yg relatif tidak disukai user dapat merusak nilai bisnis itu sendiri.
Biasanya waktu yg pas yaitu pukul 09.00-10.00 , 12.30-2.00, 04.00-05.20 dan 18.30-20.40.
Data ini dapat berubah sewaktu waktu, anda harus melakukan riset harian dg menyimpulkan nilai bulanan sehingga anda mendapatkan akurasi waktu yg tepat. Mengapa akurasi waktu sangat penting?
Akurasi waktu membawa langkah promosi barang tepat waktu sehingga anda tidak kehilangan banyak waktu yg menguras banyak tenaga ketika promosi sebab promosi yg anda lakukan masih segar tentunya menjadi kasus hangat dimedia sosial yg sangat memungkinkan konten anda dilihat oleh user.

Kedua syarat memiliki cukup banyak grup yg digunakan minimal 10.000 user aktif.
Syarat ini harus anda penuhi, saya pernah melakukan riset bahwa tidak sedikit orang aktif di banding melakukan aktifitas melalui dinding facebook. Mereka lebih menyukai suasana yg rame dan asyik hal ini biasanya bisa dinikmati di grup.

memiliki halaman sendiri sebagai wadah pusat pengaksesan untuk customer. Halaman yg anda kelola adalah sebuah konsistensi keseriusan anda menjadi penjual.
Ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, sepandai apapun anda menawarkan barang jika konsumen ragu maka barang yg anda jual tidak akan laku.
Menjalin kepercayaan itu sangat penting dan anda bisa melakukannya dg mengelola halaman.

Ketiga proses kegiatan pemasaran.
Tandai (hastag) teman yg sering aktif ketika memasarkan produk jangan lupa gunakan pesan pembuka yg santun karena hal ini penting untuk membangun citra yg solid, lakukan juga pemasaran di group dg sopan, jika ada teguran dari pengguna grup coba meminta maaf, jangan lupa berikan alasan kuat.
Jangan lupa perhatikan waktu untuk setiap kegiatan marketing.
Jika ada pertanyaan bisa menghubungi saya via email.

0 komentar:

Posting Komentar